machine learning

  • December 1, 2016 at 3:29 pm

Machine Learning

Menurut saya, machine learning sangat perlu untuk dipelajari untuk masa-masa sekarang, karena teknologi terus berkembang dan kita dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut agar tidak kalah saing dengan competitor-kompetitor. Kini, segala macam program / web dikembangkan dengan menggunakan AI. Oleh karena itu, untuk menjamin kita dapat bersaing dengan competitor, kita harus juga menguasai Machine Learning (AI).

Machine Learning dewasa ini sedang marak dikembangkan oleh banyak developer program. Machine learning ini dikembangkan tidak hanya untuk aspek AI yang biasa-biasa saja, namun sekarang dikembangkan ke hal lain. Salah satu contohnya adalah untuk strategi marketing. Salah satu startup yang concern terhadap machine learning di Indonesia adalah KUDO. Melalui artikel yang dikirimkan ke email resmi Teknopedia.Asia, Qushay Bagas Isworo, Technology Evangelist KUDO, menyampaikan bahwa KUDO menggunakan sistem machine learning dengan tujuan untuk mempelajari setiap user browsing pattern, buying pattern, dan lokasinya. Dengan data-data tersebut, setiap user akan mendapatkan rekomendasi produk yang berbeda-beda sesuai dengan browsing pattern, buying pattern, dan lokasi dari setiap user. Selain rekomendasi produk, setiap user dengan kebiasaan penggunaan yang berbeda, juga akan mendapatkan promo dan notifikasi yang berbeda pula sesuai dari data yang didapatkan. Oleh karena itu kini, keberadaan machine learning sangat penting tidak hanya di industri yang mengembangkan AI namun juga segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi .

Aplikasi dengan machine learning yang tertarik untuk saya buat adalah sebuah aplikasi chat bot yang berisikan tutorial untuk belajar. Jadi, chat bot yang saya tertarik untuk kembangkan dapat menjawab segala pertanyaan yang berhubungan dengan ilmu coding C sehingga dapat mempermudah mahasiswa yang kesulitan dalam proses pembelajaran. Keuntungan aplikasi ini adalah dapat menjadi peluang untuk bisnis (penjualan aplikasi) pada mahasiswa-mahasiswa IT baru yang belum dapat beradaptasi dengan dunia IT dan coding. Dengan adanya aplikasi ini tentunya mahasiswa yang kesulitan belajar dapat dengan leluasa bertanya kapanpun dan dimanapun mengenai coding C .

By

Ferdian Herlianto
1901462813
Odd semester 2016/2017
School Of Computer Science

Leave a Reply

Add Your Comment